Daya Tarik Wisata Alam Kalibiru

Yogyakarta dengan segala keindahan budaya dan alamnya membuat kota ini sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat banyak objek wisata yang terdapat di wilayah Yogyakarta, antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan, Malioboro, dan salah satunya yang lagi hits adalah Desa Wisata Alam Kalibiru. Desa ini terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Desa ini terletak di Perbukitan Menoreh pada ketinggian 450 mdpl. Dari ketinggian ini, kita dapat melihat pemandangan Waduk Sermo, satu-satunya waduk di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai Desa Wisata Kalibiru ini.

Di objek wisata Kalibiru ini pengunjung dapat melakukan kegiatan outbond training, wisata pedesaan, wisata keluarga, wisata budaya, wisata terapi alam, trekking, dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan di objek wisata alam ini. Objek wisata ini juga sudah dikelola cukup baik oleh masyarakat, sehingga fasilitas-fasilitas seperti pondok penginapan juga tersedia di objek wisata ini. Untuk memasuki objek wisata Kalibiru ini, cukup membayar tiket Rp.5000,- per orang.

Untuk parkir kendaraan cukup membayar Rp.2000,- untuk sepeda motor dan Rp.5000,- untuk mobil. Jika kita berencana untuk menginap di objek wisata ini, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena jadwal setiap bulannya biasanya terisi penuh. Dan satu hal yang cukup penting, jika ingin berkunjung ke objek wisata Kalibiru gunakanlah kendaraan yang benar-benar dalam kondisi baik, karena trek yang akan dilewati begitu curam.

Oleh : Afif Hasibuan, Member Toba Photographer Club

Written By
More from karnadi lim

North Sumatra Jazz Festival 2017 (BW)

Perhelatan North Sumatra Jazz Festival 2017 kembali di gelar di Kota Medan,...
Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *