PULAU BURONG DI NEGERI LASKAR PELANGI

Pulau Burong merupakan pulau terbesar kedua setelah pulau Kepayang, diantara belasan gugusan pulau-pulau kecil nan eksotis di Utara Belitung. Pulau Burong (bahasa Belitung untuk kata Burung) mempunyai luas sekitar 2 hektar yang dikelilingi pasir putih dan bebatuan granit ukuran besar kecil yang tersebar dibibir pantai dan laut disekitar pulau. Pulau ini masih kalah terkenal dari pulau Lengkuas, mungkin karena ada menara mercu suar yang menghiasi pulau tersebut. Dan memang kami juga terlebih dahulu sunrise di pulau Lengkuas baru kemudian menuju pulau Burong.

Pulau ini tidak berpenghuni, walaupun sebenarnya ada penjaga tidak resmi, namun tidak mengurus kebersihan dan kerapihan pulau. Demikian menurut info pemandu kami. Ada berapa bangunan dan pondok yang terbuat dari bahan pohon pelapa yang sudah ditinggalkan dan tidak terawat. Sepertinya dibuat untuk tempat makan, tempat santai dan sejenisnya. Kondisi pulau kecil ini memang tidak terawat dan penuh dengan semak belukar. Buat mereka yang suka akan ketenangan, cocok berlam-lama dipulau ini. Selain pasir putihnya, air lautnya juga sangat jernih. Tapi mandinya jangan siang-siang, kulit seperti terpanggang oleh sinar matahari yang sangat terik dan menyengat .. kulit akan menjadi gosong kalau tidak pakai sun block. Agak jarang wisatawan lokal yang singgah di pulau ini bila dibandingkan dengan pulau lainnya.

Keunikan dari pulau Burong ini adalah tumpukan batu granit besar di pantai sisi Tenggara yang berbentuk menyerupai kepala burung. Tingginya seperti lantai 3 bangunan ruko di kota. Menurut masyarakat setempat, nama pulau Burong diambil dari batu tersebut. Batu berbentuk burung ini menjadi icon keindahan batu-batu granit di Belitung.

Pulau burong 2 pulau burong

gugusan batu kecil_resize

Framing_resize Batu besar_resize

Tags from the story
,
Written By
More from petrus loo

Malam Imlek 2016 Di Vihara Avalokitesvara P.Siantar

Hujan deras mengguyur kota Pematang Siantar (P.Siantar) hampir sepanjang hari menjelang malam...
Read More

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *